8 Tempat Wisata Alam di Indonesia Yang Wajib di Kunjungi

8 Tempat Wisata Alam di Indonesia Yang Wajib di Kunjungi

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari hutan, laut, gunung, sampai danau. Hingga saat ini kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia telah banyak yang dikelola menjadi wisata alam.

Wisata alam Indonesia tidak hanya berada di Pulau Jawa atau Bali saja tetapi juga tersebar dari Sabang hingga Merauke. Jika selama ini Anda beranggapan bahwa Bali adalah pulau terindah di Indonesia karena keindahan pantainya, bisa jadi Anda salah. Karena ternyata di pulau-pulau lain masih banyak terdapat objek wisata alam yang patut Anda jelajahi. Berikut daftar 5 tempat wisata alam di Indonesia yang wajib dikunjungi.

1.Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, banyak orang menyebut gunung ini sebagai salah satu gunung tercantik di Indonesia. Dengan tinggi 3.726 mdpl, Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagi orang Bali sendiri, gunung ini termasuk dalam jajaran tiga gunung yang disucikan setelah Gunung Semeru dan Gunung Agung.

Mendaki Gunung Rinjani, Anda akan disuguhi pemandangan eksotis hutan tropis, padang savana, dan juga kawasan perbukitan yang indah. Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki dari mancanegara. Dari puncak Rinjani nanti Anda bisa menikmati keseluruhan pemandangan Pulau Lombok, Bali, dan Sumba.

2.Danau Kelimutu

Pergilah ke Nusa Tenggara Timur untuk menemukan sebuah danau yang sangat indah. Danau Kelimutu berada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.639 meter di atas laut. Awalnya, Danau Kelimutu mempunyai tiga warna yang berbeda yakni merah, biru, dan putih. Seiring berjalannya waktu, danau seluas 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter itu mempunyai warna biru toska, hitam, dan hijau.

Danau yang terletak 54 kilometer di sebelah timur Kota Ende ini bisa kamu tempuh sekitar dua jam. Mendaki Gunung Kelimutu cukup mudah, kamu tinggal menyusuri tangga yang terbuat dari besi. Di atas puncak, ada orang yang berjualan makanan serta minuman untuk membangkitkan staminamu.

3.Kepulauan Belitung

Pulau yang naik daun setelah film Laskar Pelangi ini memang memiliki keindahan pantai yang sempurna. Pantai-pantai di Kepulauan Belitung memiliki pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai di Indonesia lainnya.

Kita patut bersyukur dengan adanya film Laskar Pelangi, karena dari film tersebut kita dapat mengetahui bahwa Indonesia memiliki surga tersembunyi di pulau Belitung. Beberapa pantai yang direkomendasikan bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini antara lain Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, dan Pantai Keramat.

4.Pulau Bawah

Pulau Bawah merupakan surga tersembunyi di Indonesia Barat, tepatnya di Kepulauan Anambas. Walau butuh effort yang cukup besar untuk mencapai ke Pulau Bawah, kamu tak akan menyesal.

Berlibur di Kepulauan Anambas terasa seperti liburan ala pulau pribadi. Lokasi ini bisa menjadi salah satu liburan mewah yang memberikanmu ketenangan, karena belum dijamah banyak orang. Kepulauan Anambas, terutama Pulau Bawah, merupakan salah satu spot favorit para penyelam. 

5.Danau Toba

Danau Toba terbentuk karena adanya ledakan besar gunung berapi yang terjadi 70 ribuan tahun yang lalu. Terletak di Sumatera Utara, danau ini memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 505 meter.

Area yang luas menyerupai lautan, membuat Danau Toba dinobatkan sebagai danau terbesar se-Asia Tenggara. Pemandangan yang mempesona dengan nuansa alam yang menenangkan tak akan membuatmu kecewa datang ke sini.  Kamu juga bisa menikmati beragam pesta atau festival, khususnya ritual adat tradisional dari suku Batak.

6.Gunung Bromo

Bisa dikatakan Gunung Bromo adalah Gunung paling populer di kalangan wisatawan mancanegara maupun domestik. Bahkan Gunung Bromo sering dijadikan sebagai lokasi untuk syuting film, salah satunya film yang banyak meraih penghargaan, “Pasir Berbisik”.

Sunrise atau matahari terbit di Gunung Bromo sangatlah indah. Jika cuaca mendukung, Anda bisa melihat matahari terbit dengan latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari bersinar terang yang perlahan naik ke langit. Dari ketinggian 2.770 mdpl di Penanjakan, Anda juga bisa menikmati keindahan hamparan lautan pasir.

Jika matahari sudah mulai naik, Anda bisa mendaki gunung dan menikmati keindahan kawah Gunung Bromo, kemudian melanjutkan perjalanan untuk berfoto di bukit teletubbies yang sering dijadikan sebagai lokasi photoshoot.

7.Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini juga sering digunakan sebagai lokasi untuk mendaki oleh para wisatawan mancanegara. Di puncak Gunung Ijen Anda akan melihat danau kawah yang luas berwarna biru. Danau kawah ini adalah salah satu kawah asam terbesar di dunia.

Air kawahnya tenang, berwarna biru toska ketika disinari oleh matahari pagi. Dan saat malam, kawah ini menjadi semakin menakjubkan. Tepat pukul 1 dini hari, di bawah kawah Anda bisa melihat blue fire atau api biru yang berasal dari cairan belerang. Disarankan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Kawah Ijen untuk menyewa pemandu demi keamanan dan keselamatan.

8.Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken adalah spot diving yang sudah terkenal sejak dulu kala. Taman Laut Bunaken hingga saat ini masih dijadikan sebagai salah satu destinasi favorit para diver dari seluruh penjuru dunia. Taman Laut Bunaken memiliki 20 dive spot dengan kedalaman yang beragam mencapai 1.344 meter.

Anda tidak perlu khawatir tentang peralatan menyelam, karena di sini telah disediakan persewaan untuk diving dan snorkeling. Di taman laut ini tumbuh beragam biota laut yang bisa Anda lihat saat snorkeling atau diving, bahkan jika beruntung Anda bisa menemukan bintang laut di perairan yang lebih dangkal.

Referensi :

Leave a Reply

Close Menu