5 Tempat Wisata di Manado dan Sekitarnya, dari Danau hingga Pantai

5 Tempat Wisata di Manado dan Sekitarnya, dari Danau hingga Pantai

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana berkunjung ke Kota Manado yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Aktivitas presiden ini turut diunggah di akun Instagram resmi @ jokowi. 

Menurut keterangan di postingan Instagram Presiden Jokowi saat akan lepas landas, salah satu agenda presiden dalam kunjungan ke Manado adalah untuk meninjau infrastruktur pendukung pariwisata yang ada di sana.

Ditulis pula jika Sulawesi Utara adalah provinsi “The Rising Star” dalam sektor pariwisata. Pertumbuhan kinerja pariwisata di sana telah tumbuh hingga 600 persen selama empat tahun terakhir.

Lalu, ada apa sajakah di Manado itu? Berikut ini adalah 5 tempat wisata di Kota Manado:

  1. Taman Laut Bunaken

Wisata Taman Laut Bunaken bokeh dibilang merupakan ikon pariwisata yang ada di Manado. Obyek wisata ini tidak hanya tersohor se-Nusantara. Namanya bahkan telah dikenal hingga mancanegara.

Taman Laut Bunaken adalah salah satu wisata bawah laut terbaik di dunia. Berbagai biota laut, mulai dari terumbu karang, sampai ikan yang berwarna-warni menjadi penghias taman laut satu ini. 

Wisatawan harus menyelam atau melakukan snorkeling. Ada 39 titik penyelaman di Taman Laut Bunaken. Berfoto di dengan latar belakang keindahan bawah laut di sini merupakan satu hal yang harus dilakukan, setidaknya sekali seumur hidup.

  1. Pantai Malalayang

Manado tidak hanya menyajikan keindahan bawah air di Taman Laut Bunaken saja. Lokasi kota yang dekat laut membuatnya memiliki banyak pantai yang menawan. Salah satu pantai indah yang ada dekat Manado adalah Pantai Malalayang.

Pantai ini hanya berjarak sekitar empat kilometer dari Kota Manado saja. Wisatawan bisa bermain air atau duduk-duduk bersantai sembari menikmati keindahan pesona alam dan menikmati semilir angin pantai nan sejuk. 

Wisatawan ternyata juga bisa menyelam di perairan Pantai Malalayang ini. Keindahan bawah lautnya tidak kalah dengan yang ada di Bunaken.

  1. Pulau Manado Tua

Pesona alam seolah begitu lengkap di Manado. Tidak hanya tersaji di bawah laut, keindahan alam juga masih bisa dinikmati hingga puncak gunung yang menjulang tinggi. Pulau Manado Tua adalah salah satu tempat di mana keindahan tersaji dari bawah hingga atas air.

Pulau ini merupakan gugusan pulau yang ada di sekitar Taman Laut Bunaken. Tentu hal itu membuat keindahan bawah lautnya tidak perlu diragukan. Wisatawan bisa melakukan penyelaman di sini.

Selain di bawah laut, wisatawan yang menyukai trekking bisa mendaki ke Puncak Bowon Tehung. Selain keindahan yang tersaji dari ketinggian, hewan-hewan eksotik khas Indonesia juga bisa dijumpai sepanjang jalan, salah satunya monyet crested macaca nigra.

  1. Pantai Siladen

Dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Manado, wisatawan akan dimanjakan oleh keindahan Pantai Siladen ini. Perpaduan pasir putih yang berkilau dan jernihnya air laut menjadikan pantai ini begitu memesona.

Berada di sebelah timur laut Bunaken, pemandangan bawah laut di sekitar Pantai Siladen tetaplah memesona. Ada dua titik penyelaman favorit di sini, yakni Siladen Satu dan Siladen dua.

  1. Danau Tondano

Keelokan alam yang ada di sekitar Manado bukan hanya laut dan pantai. Berjarak sekitar 43 kilometer dari Kota Manado atau dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam, pesona Danau Tondano akan menyambut siapa pun yang berkunjung ke sana.

Danau Tondano memiliki luas sekitar 4.000 hektar. Wisatawan bisa berkeliling danau ini dengan mengendarai perahu motor. Jajal pula kuliner khas di sekitar Danau Tondano ini, salah satunya adalah olahan ikan betutu.

Leave a Reply

Close Menu