Wisata di Bandung yang Pas Buat Ngilangin Stress

Wisata di Bandung yang Pas Buat Ngilangin Stress

Saat Anda mulai jenuh dengan hiruk-pikuk ibukota, datanglah ke Bandung dan sekitarnya untuk menikmati keindahan alam di sana.

Atau mungkin Anda malas membayangkan berkunjung ke tempat-tempat yang selalu dipadati turis di Bandung? Mungkin beberapa atraksi alam di bawah ini akan mengubah cara Anda menikmati liburan di Bandung  dan sekitarnya.

Dari Lembang, Garut, Pangalengan sampai Cipatat, inilah 6 tempat wisata alam di sekitar Bandung di mana Anda bisa bersantai sejenak untuk meredakan stres.

1. Grand Canyon mini di Garut: Leuwi Jurig

2-1-leuwi-jurig-via-hartasderis

Photo via hartasderis

Dalam Bahasa Sunda, ‘Leuwi Jurig’ berarti ‘Kolam Setan’. Konon, mandi di sini bisa membebaskan Anda dari jeratan semua ilmu hitam. Namun jangan sampai nama yang menyeramkan serta latar belakang mistis tersebut membuat Anda enggan berkunjung ke sini, karena Leuwi Jurig menyuguhkan keindahan yang tak kalah dengan Grand Canyon di Amerika.

Pemandangan air sungai jernih yang diapit dinding bebatuan raksasa siap membius Anda dengan keindahannya.

Perpaduan antara warna air yang memancarkan semburat rona kehijauan laksana zamrud, tampak kontras dengan warna kelabu dari dinding batu seolah membuat Leuwi Jurig tampak seperti sungai-sungai yang ada di belahan bumi lain.

Dan asyiknya, meski akses untuk menuju ke sungai ini termasuk mudah, rupanya masih belum banyak orang yang tahu akan keberadaannya. Sehingga Anda bisa bebas berenang atau berfoto dengan background memikat ini tanpa banyak gangguan.

2. Tebing Gunung Hawu

Photo via kusdinardani

Gunung ini mempunyai daya tarik sendiri dibanding gunung-gunung lain. Di sinilah mimpi Anda menjadi super hero bisa terwujud. Dan di sini pula Anda bisa bergelantungan dengan cara yang berbeda.

Untuk para penggemar sunrise, Tebing Gunung Hawu siap memanjakan Anda dengan pemandangan indah dari saat matahari terbit menjelang pagi. Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan keren ini sambil tiduran di hammock yang digantung di antara dua tebing. Sudahkah adrenalin Anda menari-nari mendengarnya?

Photo via dian lisnawaty hmy

Aktivitas hammock ini dipopulerkan oleh beberapa warga setempat untuk menarik minat para pengunjung , sekaligus untuk melindungi Gunung Hawu dari jamahan para penambang batu kapur.

3. Sanghyang Heuleut, Cipatat.

Photo via rijaljauhari

Berlokasi di kawasan Cipatat, sebelah Barat Bandung, Sanghyang Heulang merupakan sebuah kolam/laguna kecil yang dikeliling oleh tebing-tebing putih, hutan yang rimbun dan juga air terjun yang menjadi sumber airnya.

Air di sana mengalir langsung ke arah Sungai Citarum yang juga jadi bagian dari Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Menurut legenda, konon kolam yang tersembunyi ini adalah tempat mandinya para bidadari dari kayangan.

Makanya tak heran kalau tempat ini dinamai “Sanghyang” yang artinya “suci” dan “heuleut” yang berarti “selang antara 2 waktu/dunia” untuk menggambarkan betapa sucinya tempat pemandian para makhluk dari alam lain tersebut.

4. Gunung Batu, Lembang

Photo via tyuniar93

Berlokasi di dataran tinggi Bandung menjadikan Lembang sebagai tujuan sempurna bagi para penyuka wisata gunung. Bila Anda tertarik untuk menguji adrenalin, maka Gunung Batu adalah pilihan yang tepat.

Sesuai dengan namanya, struktur Gunung Batu didominasi banyak batu-batu besar dari permukaan sampai ke puncaknya.

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Lembang, dari sini akan tampak jelas pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari.

5.Gua Sanghyang Tikoro & Sanghyang Poek, Cipatat.

Photo by explorekeindahan 6

Selain Sanghyang Heuleut, Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek adalah bagian yang juga menarik di kawasan Cipatat atau PLTA Saguling.

Kedua gua ini berlokasi di satu area yang sama di mana terdapat aliran air jernih dan pemandangan sekitar yang sangat indah.

Sanghyang Tikoro, yang berarti ‘rongga suci’, adalah sebuah gua dengan sungai yang mengalir di dasarnya.

Photo by radin mangata 3

Tempat ini dipercaya terbentuk dari lava yang membeku saat terjadi letusan gunung berapi dan membentuk gua berstalaktit.

Sedangkan Sanghyang Poek berjarak 15 menit dari Tikoro dan lebih populer di kalangan pengunjung. Tempat ini berbeda dari yang lain karena memiliki lansekap miring/diagonal.

Sesuai namanya ‘poek’ dalam bahasa Sunda berarti ‘gelap’, begitu masuk ke dalam gua ini Anda akan langsung diselimuti oleh keadaan gelap gulita hingga mencapai ujungnya.

Kalau Anda suka tantangan, maka kedua gua ini tak boleh dilewatkan!

6. The Lodge Maribaya, Bandung

Photo via abee0110

Selalu ada kepuasan tersendiri jika bertualang di alam terbuka. Begitu pula jika menghabiskan waktu di bumi berkemahan yang terletak di dataran tinggi ini.

The Lodge Maribaya bukanlah tempat kemping biasa, karena di sini dilengkapi dengan berbagai fasilitas berkemah dan aktivitas trekking.

Tempat ini sengaja dibuat untuk menambah pengalaman Anda dalam bertualang di alam terbuka.

Photo via tiejuntak

The Lodge Maribaya dikelilingi oleh hutan pinus, Air Terjun Maribaya dan pemandangan pegunungan yang sangat memesona.

Di tempat yang sejuk dan menyegarkan ini, apapun yang Anda harapkan dari sebuah tempat wisata alam dapat terpenuhi.

Photo via aliluthfii

Tidak hanya sekadar tempat bersantai, di The Lodge Maribaya juga tersedia fasilitas menginap, tempat makan, dan juga lokasi asyik untuk mengadakan pesta.

Di Bandung dan sekitarnya,  Anda bisa mendapatkan lebih dari sekadar liburan biasa. Banyak tempat di mana Anda bisa menyeimbangkan liburan modern yang biasa Anda jalani dengan pengalaman seru di tengah alam.

Kalau Anda menyukai segala sesuatu yang berbau alam, maka Bandung dan sekitarnya adalah pilihan yang tepat.

Sumber : https://indonesia.tripcanvas.co/id/bandung/tempat-wisata-alam-asyik/

Leave a Reply

Close Menu